5 Hewan Yang Menginspirasi Teknologi Modern

5 Hewan Yang Menginspirasi Teknologi Modern

Hewan adalah salah satu dari berbagai makhluk hidup di bumi. Manusia sejak dulu mempelajari bagaimana hewan dapat bertahan hidup, seperti burung yang terbang, manusia kemudian dapat menciptakan pesawat. Tapi itu bukan pertama kalinya manusia telah menyalin cara kerja hewan untuk membuat teknologi baru. Berikut adalah 5 hewan yang menginspirasi teknologi :

1. Kingfishers

Kingfishers

Paruh ramping kingfishers ‘terinspirasi perjalanan kereta api super cepat dengan suara yang tidak berisik. Seorang insinyur bird-watching di sebuah perusahaan kereta api Jepang mengambil inspirasi dari paruh kingfisher untuk memecahkan masalah dengan kereta api kecepatan tinggi.

Ketika pertama kali diciptakan, kereta api berkecepatan tinggi punya masalah dengan kebisingan, terutama di terowongan. Tapi seorang insinyur merancang ulang hidung kereta menjadi panjang dan runcing seperti kingfisher sehingga gelombang udara secara bertahap dikeluarkan sebagai gantinya.

2. Paus

Paus

Paus Bungkuk memiliki tonjolan pada sirip mereka untuk membantu mereka berenang, teknologi yang sama digunakan dalam turbin angin. Paus Bungkuk mungkin berat, tapi mereka benar-benar perenang yang sangat baik. Ini adalah deretan pegunungan berkutil, yang disebut tuberkel, di tepi depan sirip mereka. Benjolan ini membantu paus berenang lebih cepat dan mengubah arah yang lebih mudah.

Seorang ilmuwan melihat ini dan bekerja menirunya dengan cara menambahkan benjolan mirip dengan angin bilah turbin. Dia menemukan itu membuat turbin lebih cepat ketika angin berubah arah, dan menciptakan lebih banyak kekuatan.

3. Tokek

Tokek

Tokek menggunakan bantalan kaki mereka untuk tetap berada di hampir semua permukaan, ilmuwan telah mengembangkan teknologi ini untuk manusia. Tokek memiliki kaki khusus, yang berarti mereka dapat selalu menempel pada permukaan, dan baru-baru ini, para ilmuwan menemukan mereka dapat melakukan ini karena kaki mereka ditutupi dalam ribuan rambut elastis kecil.

Sebuah tim di AS telah menyalin konsep dari kaki tokek dan dikembangkan menjadi sarung tangan yang luar biasa yang membantu pendaki skala dinding vertikal. Mereka berharap bahwa militer akan dapat menggunakannya di masa depan untuk memanjat bidang vertikal, curam, tanah yang tidak rata, bangunan tinggi atau dinding curam.

4. Anjing

Anjing

Insinyur Swiss George de Mestral terinspirasi untuk membuat velcro ketika pergi berjalan-jalan dengan anjingnya di Pegunungan Alpen. Ketika George de Mestral kembali Anjing miliknya ditempeli seperti biji dari tanaman thistle. Mestral kemudian mempelajari bagaimana biji tanaman thistle tersebut dapat menempel pada anjingnya.

5. Hiu

Hiu

Hiu memiliki kulit yang ditutupi lapisan pola khusus untuk memastikan tidak ada sesuatu yang menempel pada mereka di dalam air. Hiu memiliki kulit yang luar biasa, yang bekerja untuk menjaga mereka bersih dari ganggang dan makhluk laut lainnya.

Kulit mereka memiliki pola khusus yang disebut ‘dentricles’ yang mengurangi drag dan berarti mereka dapat meluncur melalui laut dengan mudah. Kulit menginspirasi ilmuwan di NASA, yang menyalin pola tersebut untuk membuat lapisan khusus. Lapisan tersebut digunakan pada kapal berlayar Amerika di Olimpiade untuk membantu mereka bergerak lebih cepat melalui air.

Leave a Comment