Efek Samping Bleaching Gigi

Efek Samping Bleaching Gigi

Efek Samping Bleaching Gigi – Jika Anda berpikir untuk memutihkan gigi, yakinlah bahwa hal tersebut mengikuti prosedur yang sangat aman. Pastikan obat yang digunakan akan menghasilkan senyum yang lebih putih dan tidak memunculkan kemungkinan efek samping berbahaya terkait dengan produk pemutih gigi. Anda mungkin ingin mempertimbangkan daftar efek samping ini sebelum Anda memutuskan untuk memutihkan gigi Anda.

Efek Samping Bleaching Gigi

Kebanyakan orang yang menggunakan produk pemutih gigi mengalami sedikit atau tanpa efek samping dan puas dengan hasilnya. Namun, beberapa orang mungkin mengalami satu atau lebih dari efek samping berikut yang terkait dengan pemutihan gigi:

1. Kepekaan gigi

Anda mungkin memperhatikan bahwa gigi Anda sensitif selama proses pemutihan dan untuk waktu yang singkat setelah prosedur. Hal ini disebabkan paparan lapisan dentin selama proses pemutihan. Jika Anda memiliki sensitivitas gigi sebelum Anda memutuskan untuk memutihkan, konsultasikan dengan dokter gigi Anda sebelumnya untuk meminta saran tentang opsi pemutihan gigi yang cocok untuk situasi Anda. Dokter gigi Anda juga dapat memberi Anda daftar merek produk pemutih yang dapat membantu mengurangi tingkat kepekaan yang meningkat selama proses pemutihan.

2. Iritasi jaringan lunak

Juga dikenal sebagai luka bakar kimia, iritasi jaringan lunak dapat terjadi jika larutan pemutih terkena jaringan gusi selama proses pemutihan. Ketika iritasi jaringan lunak terjadi, gusi Anda biasanya akan tampak putih segera setelah mereka bersentuhan dengan larutan pemutih, terutama jika Anda telah terkena solusi pemutihan gigi di kantor yang profesional.

Jaringan ini kembali normal sesaat setelah terpapar bahan kimia dalam produk pemutih, tetapi banyak pasien yang khawatir ketika mereka melihat gusinya setelah terpapar dengan konsentrasi tinggi hidrogen peroksida atau karbamid peroksida.

Paparan yang terlalu lama terhadap gel pemutih gigi atau larutan pada jaringan gusi juga dapat menyebabkan peradangan dan kemerahan pada area yang dipengaruhi oleh larutan pemutih. Dalam kasus ekstrim iritasi jaringan lunak dari solusi pemutihan, pendarahan dan rasa sakit di jaringan gusi dapat terjadi.

3. Hasil yang tidak diinginkan

Tergantung pada warna awal gigi Anda, hasil yang dicapai setelah memutihkan gigi Anda mungkin tidak seperti yang Anda harapkan. Jika Anda memiliki noda yang parah atau perubahan warna gigi internal, Anda mungkin tidak akan melihat perubahan pada bayangan gigi Anda setelah memutihkan.

Jika Anda memutihkan gigi terlalu sering, Anda mungkin memperhatikan bahwa gigi Anda mulai kelihatan abu-abu atau tembus cahaya, berlawanan dengan warna putih krem yang diinginkan setiap orang setelah memutihkan gigi mereka. Selain itu, jika Anda memiliki tutup, mahkota, veneer, atau isi, solusi pemutihan tidak akan berfungsi.

Periksa Dengan Dokter Gigi Anda Sebelum Anda Memutihkan

Sebelum Anda memutuskan untuk memutihkan gigi, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi Anda yang akan menilai gigi Anda untuk melihat apakah Anda kandidat yang baik untuk prosedur pemutihan gigi dan jika mereka akan bekerja pada perubahan warna tertentu.

Dari sana, Anda dapat memilih untuk pergi ke tempat bleaching gigi profesional, pemutih gigi profesional, atau pilihan pemutihan gigi over-the-counter karena semua prosedurnya menggunakan bantuan komponen alat dental unit untuk melakukannya. Dental unit tiap dokter gigi tentu berbeda, tergantung dari ketersediaan dana yang mereka miliki, dimana harga dental unit yang semakin mahal tentu memiliki kualitas dan fitur yang lebih canggih.

Jadi sebelum memutuskan untuk melakukan bleaching gigi, pastikan memilih dokter gigi yang tepat. Dengan memilih tempat dokter gigi yang profesional maka akan bisa meminimalisir efek samping bleaching gigi yang mungkin terjadi seperti yang sudah disebutkan diatas.

Leave a Comment