Cara Penggunaan Autoclave Untuk Sterilisasi Alat Kesehatan

Cara Penggunaan Autoclave Untuk Sterilisasi Alat Kesehatan

Cara Penggunaan AutoclaveAlat-alat kesehatan yang dipakai di berbagai tempat pelayanan kesehatan pastinya akan mengandung banyak bakteri karena setiap harinya dipakai pada pasien yang berbeda-beda. Oleh karena itu perlu dilakukan pembersihan secara rutin baik pada alat maupun tempatnya agar kesehatan pasien tetap terjaga. Cara membersihkan alat kesehatan dari bakteri biasanya dilakukan dengan proses sterilisasi. Cara sterilisasi alat kesehatan perlu dilakukan dengan benar agar bakteri benar-benar mati, karena kalau tidak benar-benar bersih bakteri yang tersisa bisa berkembang biak dan nantinya bisa berpindah ke tubuh pasien.

Salah satu alat yang biasa dilakukan untuk sterilisasi alat kesehatan adalah autoclave. Selain mensterilisasi alat kesehatan autoclave juga bisa digunakan untuk mensterilisasi alat-alat laboratorium. Prinsip kerja dari alat ini seperti halnya sebuah kukusan untuk menanak nasi. Hanya saja alat autoclave ini mempunyai tekanan dan bisa menghasilkan panas yang lebih tinggi dibandingkan dengan alat penanak nasi. Suhu panas yang tinggi ini bertujuan agar bakteri yang menempel pada alat kesehatan benar-benar hilang seluruhnya.

Tahap sterilisasi yang dilakukan sebenarnya tidak membutuhkan waktu yang lama hanya sekitar 15 menitan dengan setelan suhu 121 derajat celsius. Namun waktu yang diperlukan secara keseluruhan kurang lebih memakan waktu 2 jam yaitu dari mulai proses pemanasan, sterilisasi hingga pendinginan. Lamanya proses ini juga bermanfaat untuk membunuh endospora, yang merupakan sel resisten bakteri yang cukup tahan terhadap pemanasan, kekeringan serta antibiotik. Suhu yang dibutuhkan untuk membunuh endospora ini minimal adalah 100 derajat celsius. Ketika suhu didalam autoclave sudah mencapai 121 derajat celcius maka sel ini bisa dibunuh dalam waktu 4 sampai 5 menit.

Ketika alat kesehatan yang hendak disterilkan cukup banyak, biasanya waktu yang dibutuhkan juga lebih lama hingga semua alat yang disterilkan mencapai suhu 121 derajat celcius. Supaya proses sterilisasi bisa berjalan cepat salah satu caranya adalah dengan menambah jumlah alat autoclave yang ada. Anda bisa mendapatkan alat sterilisasi ini di toko alat kesehatan terdekat khususnya di toko yang jual autoclave dengan berbagai pilihan merk dan kapasitas.

Untuk cara penggunaan autoclave untuk sterilisasi alat kesehatan kurang lebih adalah seperti berikut:

  1. Cek terlebih dahulu volume air dalam autoclave pastikan sesuai batas yang ada. Untuk menghindari terjadi karat akibat air yang digunakan, disarankan memakai air hasil destilasi.
  2. Kemudian masukan semua alat yang akan disterilkan ke dalam autoclave.
  3. Tutup rapat autoclave agar uap yang dihasilkan nantinya tidak keluar, tapi pada bagian klep pengaman jangan dikencangkan terlebih dahulu.
  4. Hidupkan autoclave, atur timernya minimal 15 menit dengan suhu panas 121 derajat celcius.
  5. Tunggu sampai air mendidih dan uapnya memenuhi kompartemen autoclave, baru setelah itu kencangkan klep pengaman.
  6. Ketika proses sudah selesai dan alarm berbunyi, tunggu sampai tekanannya turun menjadi nol kembali baru dibuka dan diangkat alat-alat yang ada didalamnya dengan hati-hati.

Demikianlah informasi mengenai cara penggunaan autoclave untuk sterilisasi alat kesehatan yang biasa dilakukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik, rumah sakit atau laboratorium. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda semuanya, terima kasih.

Leave a Comment